Cari Jawaban | Beri Jawaban | Untuk Segala Pertanyaan

Perbedaan Press Release Dan Berita

Posted on: April 23, 2011

a. Press Release

– Penyampaian kegiatan organisasi. Misalnya, produsen mie instant membuat kegiatan “lomba kreasi mie”. Kemudian Public relations membuat press-release yang berisi informasi tentang kegiatan ini ke media.

– Sebagai bahan atau sumber berita bagi media. Sebuah release yang dikirim public relations (setelah dianggap layak oleh media) bisa dimuat dalam bentuk berita. Tentu saja isinya tidak sama persis dengan tulisan dalam release. Media bisa saja lebih menonjolkan sesuatu pokok (angle) peristiwa yang dianggap penting, yang mungkin berbeda dengan apa yang ditonjolkan Public relations dalam release-nya.

– Alat untuk membina dan menumbuhkan sikap, pendapat atau citra yang baik dari anggota masyarakat kepada organisasi (membentuk opini positif).

– Alat untuk mengalihkan perhatian publik dari fakta yang merugikan organisasi dan memusatkan fakta yang menguntungkan organisasi.

– Dibuat oleh organisasi atau perusahaan. Beritanya mencakup peristiwa yang direncanakan, yaitu dari event yang dibuat perusahaan. Misalnya pengangkatan manajer baru, perubahan pelayanan, dan sebagainya.

b. Berita Jurnalistik

– Dibuat oleh wartawan. Wartawan mencari dan menulis berita untuk diedit redaksi. Sumber berita bisa berasal dari mana saja, termasuk dari Public relations.

– Melaporkan fakta sebagaimana adanya. Ini tanggung jawab profesi wartawan untuk memenuhi hak informasi dari publik (public’s right to know).

– Biasanya banyak untuk peristiwa yang nonrekayasa. Maksudnya adalah peristiwa yang terjadi dengan sendirinya tanpa direncanakan manusia. Misalnya, kecelakaan, musibah, dan lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk peristiwa yang direkayasa (direncanakan), seperti acara wisuda sarjana yang diadakan sebuah institusi pendidikan.

– Dampak pemberitaan tidak selalu harus berkembang kepada sikap atau pendapat yang baik terhadap apa yang disampaikan, malah dapat terjadi yang sebaliknya. Fungsi berita untuk kontrol sosial, memberi tahu, mendidik, membimbing, meyakinkan, dan membantu khalayak dalam menyikapi peristiwa.

Persamaan antara press-release dan berita :

1. Merupakan informasi yang ditujukan untuk khalayak.
2. Harus mengandung news-values yang dapat menarik perhatian khalayak.
3. Menuntut adanya teknik penulisan tertentu, seperti 5W+1H.

Sumber : Kriyantono, Rachmat. 2007. Public Relations Writing. Jakarta : Kencana.

2 Responses to "Perbedaan Press Release Dan Berita"

[…] Perbedaan Press-Release Dan Berita 2. Kesalahan PR Dalam Membuat Press-Release 3. Jenis-Jenis Press-Release 4. Teknis Praktis Menulis […]

[…] Perbedaan Press-Release Dan Berita 2. Kesalahan PR Dalam Membuat Press-Release 3. Jenis-Jenis Press-Release 4. Teknis Praktis Menulis […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: