Cari Jawaban | Beri Jawaban | Untuk Segala Pertanyaan

Cara Terbaik Memotong Kuku Bayi

Posted on: March 9, 2011

Kuku bayi walaupun lunak tapi memang cepat sekali tumbuhnya. Padahal, bayi tak bisa mengontrol gerakannya sendiri pada bulan-bulan awal kelahirannya. Apa yang terjadi? Banyak luka bekas cakaran, terutama di muka mereka. Potonglah kuku bayi Anda yang sudah berumur lebih dari 3 minggu jika tak ingin hal itu terjadi.
Tentunya, memotong kuku bayi butuh keberanian dan kesabaran tersendiri. Menghadapkan kuku bayi mungil kita ke gunting bisa membuat tak tega untuk melakukannya, namun mau tidak mau kita harus memotongnya.

1. Potonglah kukunya benar-benar pendek

Lakukan pemotongan sampai mendekati batas antara kuku dan daging. Hal ini sebaiknya dilakukan karena kuku-kuku mungil tersebut cenderung patah. Tekan bagian jari di bawah kukunya dengan jari Anda ke arah bawah sampai dasar kukunya terlihat jelas untuk memudahkan memotong tanpa melukai kulit kukunya. Lakukan dengan sangat hati-hati!

2. Potong beberapa kali seminggu

Lakukan setidaknya 2 kali seminggu. Apabila Anda memiliki cukup banyak waktu untuk si kecil, lakukan 2 hari sekali. Jangan gunakan pemotong kuku untuk orang dewasa karena terlalu tajam. Gunakan potongan kuku khusus bayi yang bisa Anda dapatkan di toko peralatan bayi.

3. Pastikan cahayanya cukup

Cahaya terang sangat dibutuhkan untuk menghindari kecelakaan saat pemotongan kuku bayi Anda yang masih mungil. Sebaiknya lakukan pula acara potong kuku ini di pagi atau siang hari karena sinar matahari memberikan penerangan yang lebih baik daripada cahaya lampu.

4. Lakukan saat si kecil sedang terlelap

Bayi mudah tertarik perhatiannya pada benda-benda baru, terutama yang Anda pegang: gunting kuku. Karena gunting sangat berbahaya, lakukan pemotongan saat ia tengah tertidur pulas. Selain itu, saat terjaga, bayi biasanya bergerak aktif sehingga kemungkinan besar kita dapat melukai jari tangan atau kakinya. Saat dia tertidur kita bisa lebih rileks melakukannya.

5. Jangan gigiti kuku bayi Anda!

Meskipun beberapa orang mungkin menyarankan Anda untuk melakukannya, jangan pernah lakukan hal tersebut. Anda mungkin bisa menggigit jari mungil bayi Anda dan melukainya. Masih ingin mencobanya?

6. Potong sesuai bentuk kukunya

Ikuti bentuk kuku ketika memotong kuku jari tangannya. Untuk kuku jari kaki, lakukan dengan lurus. Kemudian, selalu haluskan atau kikir ujung kukunya yang sudah dipotong, supaya hasil akhirnya tidak tajam. Sekali lagi, berhati-hatilah untuk melakukannya!
Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: